Mencegah Masalah Kulit Wajah

January 10, 2016



Masalah kulit wajah yang kusam, berminyak, berjerawat, atau kering udah jadi hal biasa yang menganggu banget buat semua orang di usia remaja dan dewasa. Bahkan buat aku yang masalah kulit wajahnya tidak parah hal-hal itu tetap saja mengganggu. Paling tidak aku bisa meminimalisir dengan perawatan sejak dini. Kali ini aku ingin berbagi pengalamanku merawat kulit wajah hingga jarang berjerawat.

Pakai Pelembab Wajah
Setiap mau beraktifitas atau keluar rumah selalu pakai pelembab wajah yang cocok dengan jenis kulit kita. Jangan lupa juga pelembab yang kita pakai disesuaikan dengan umur kita. Gunanya untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan. Untuk kamu yang beranjak remaja usia belasan, mungkin bisa menggunakan Garnier atau Pond’s. Kalau sudah remaja bisa pakai produk lain seperti Revlon, Wardah, dll. Kalau bingung bisa lihat iklannya, karena usia yang jadi model iklannya itu lah yang cocok pakai produk itu :D

Membersihkan Wajah Setelah Beraktifitas
Ini adalah hal wajib yang rutin aku lakukan setiap hari setelah bepergian. Sudah aku lakukan sejak masih SMP, mungkin saat umurku 12-13 tahun. Jadi dulu setiap pulang sekolah aku langsung membersihkan wajahku menggunakan kapas dan pembersih wajah. Aku engga akan menunggu sore atau malam hari pas mau tidur untuk membersihkannya. Aku akan membersihkan wajahku siang hari begitu sampai di rumah, saat itu juga. Setelah berganti baju, sebelum makan siang dan istirahat. Rasanya engga betah aja kalau debu menempel lama-lama di wajah.

Pembersih wajahnya yang mana aja, yang cocok untuk kulit wajah kita. Kalau aku engga suka yang setelah pakai kulit terasa licin berminyak, jadi harus cuci muka lagi pakai air. Aku lebih suka yang 2in1 hehe. Bukannya males, tapi takutnya kita habis kepanasan di luar terus cuci muka pakai air nanti jadinya wajah kita putih-putih. Bahasa sundanya, balas bogo. Engga mau kan, pasti bete kan jadinya. Malu lagi, kaya panu. Jadi aku biasanya setelah beberapa lama di rumah, wajah udah kerasa adem baru aku cuci muka dengan air bersih.

Rajin Maskeran 1x Seminggu
Kalau lagi excited dan ada waktu bisa 2x seminggu pakai masker wajah. Kesukaanku produknya yang lokal aja, Masker Bengkoang dari Mustika Ratu. Hasilnya kalau rutin pasti wajah lebih putih dan cerah. Yang pasti sesudahnya kulit wajah jadi kencang dan segar. Kalau mau lebih berasa lagi maskerannya, pakai irisan mentimun di mata biar dingin.

30 menit kemudian, wajah udah kerasa kenceng banget dan masker udah kering maka ini saatnya cuci. Cucinya pakai air hangat dulu. Ngelapnya dari bagian dalam wajah ke luar. Searah ya! Biar wajah kita engga cepet keriput. Bersihin muka pakai kapas juga selalu usahain kaya gitu (tadi lupa). Setelah wajah bersih, cuci pakai air dingin lalu tepuk-tepuk kulit wajah dengan handuk bersih.

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat untuk pembaca dan rekan blogger lainnya. Jika dilakukan secara rutin mungkin akan banyak membantu untuk mengobati, dan semoga bisa bermanfaat dalam mencegah ;)



(Gambar dari We Heart It)

You Might Also Like

0 komentar