Saya Berpikir, Maka Saya Menulis

July 25, 2014


“Sesudah kesusahan itu ada kemudahan”, sering kita membaca atau mendengar kalimat tersebut. Kita memahami bahwa ketika mengalami suatu persoalan tentang hidup kita mengharapkan kemudahan untuk memecahkan persoalan tersebut. Saat kemudahan tak juga datang lalu kita merasa stuck, kita mulai pesimis dan putus asa dengan menyalahkan orang lain, menyalahkan diri sendiri, menyalahkan keadaan.

Ada yang berbeda dari ungkapan Mama malam ini, bahwa “di samping kesusahan itu ada kemudahan”. Jadi di samping kita dihadapkan kepada suatu hal yang menyusahkan di sisi lain ada hal yang dimudahkan. Memang benar, kita tidak selalu menyadari akan “tanda” yang ditunjukkan oleh Allah kepada kita. Kita terlalu fokus pada masalah yang sedang kita hadapi, dan itu manusiawi menurut saya. Tapi jika kita bisa menyadari tanda tersebut, tentu masalah yang dihadapi tidak akan terasa terlalu berat. Saya pernah merasakan dan selalu saya ingat bahwa “ketika kita bersedih, Allah menghibur kita melalui hal lain”. Ketika kita kehilangan seseorang, Allah melancarkan rezeki kita. Ketika kita sakit, Allah menunjukkan rasa cinta yang dimiliki orang-orang terdekat kita. Ketika kita mengalami kegagalan, Allah memberikan kesehatan, dan masih banyak lagi.

There’s always something to thankful and grateful for…

Kita tahu tentang seorang anak laki-laki yang hafidz Al-Qur’an bernama Nawala. Ia memiliki kekurangan di penglihatannya, begitu juga dengan ayahnya yang mengajarinya menghafal Al-Qur’an. Tapi tahu kah selain kelebihannya menghafal Al-Qur’an, Nawala juga memiliki pendengaran dan ingatan yang tajam. Kita sebagai manusia yang memiliki kelebihan fisik pun belum tentu mampu untuk memahami bahkan menghafal apa yang kita dengar secara jeli dan tepat. Ini salah satu contoh di samping kesusahan ada kemudahan yang Allah berikan. Ini hanya salah satu renungan kecil saya…

(Gambar dari Google)

You Might Also Like

2 komentar

  1. Yeahh, There’s always something to thankful and grateful for :))

    ReplyDelete